Jumat, 29 April 2011

PECEL LELE

PECEL LELE

Siapa yang tidak kenal PECEL LELE? Pecel lele merupakan hidangan yang enak. Pecel lele pada dasarnya adalah ikan lele yang digoreng, disajikan dengan sambal khas pecel lele dan lalaban, dan nasi. Biasanya penjual PECEL LELE menyediakan dua macam nasi, yaitu nasi putih biasa dan nasi uduk. Pembeli dapat memilih nasi putih biasa atau nasi uduk sesuai seleranya.

Sebagai lauk tambahan disediakan juga tempe dan tahu. Saya biasanya kalau beli PECEL LELE pasti minta juga tahu goreng. Makan PECEL LELE saat masih hangat plus nasi uduk, minumnya teh manis hangat, benar-benar nikmat. Harganyapun terjangkau.

Ada aspek lain berkaitan dengan usaha PECEL LELE ini. Pertama adalah semua tenaga kerjanya adalah orang kita sendiri. Kedua, bahan bakunya, yaitu ikan lele, tahu, tempe, sayur lalab, cabe, bawang merah, bawang putih dan lain-lain berasal dari dalam negeri. Dengan demikian, kalau kita mengkonsumsi PECEL LELE, berarti kita telah membantu menghidupkan usaha PECEL LELE. Satu warung PECEL LELE, taruhlah mempekerjakan dua orang. Berarti sudah mengurangi jumlah penganggur sebanyak dua orang. Peternakan ikan lele pun dapat menjual ikannya. Dan seterusnya.

Jadi bila kita lebih memilih beli pecel lele daripada kuliner asing, berarti kita telah membantu memberi pekerjaan. Menghidupkan usaha kecil dalam negeri. Menghidupkan usaha ternak lele. Menghidupkan usaha produksi tahu dan tempe.

Karena itu tidak ada salahnya jika kita suka makan pecel lele.

Salam,
Sudarsono/Simbah
081514115168
www.facebook.com/darsonosimbah
www.twitter.com/Darsono_Simbah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...