Senin, 25 April 2011

Jalan - Mencari Harta

Banyak jalan untuk mencari harta. Namun kalau digolongkan, hanya ada dua golongan, pertama, mencari harta dengan jalan yang syah menurut ketentuan, dan kedua, mencari harta dengan jalan yang tidak syah.

Mencari harta dengan jalan yang tidak syah misalnya dengan cara mencuri harta orang lain, merampok, menipu dan sebagainya. Sedangkan mencari harta dengan jalan yang syah misalnya dengan bekerja kepada orang lain lalu mendapatkan upah, berdagang dengan mengikuti aturan dagang yang benar, dan sebagainya. Orang dapat memilih untuk mencari harta dengan salah satu dari kedua jalan tersebut atau dengan kedua-duanya dengan segala akibatnya.

Mencari harta dengan jalan yang tidak syah pun bisa memperoleh harta, bahkan mungkin harta yang diperoleh justru jauh lebih banyak. Namun demikian tidak akan memperoleh berkah dari harta itu. Yang diperoleh hanyalah fisik dari harta tersebut. Hal ini akan dapat dilihat dari manfaat harta tesebut bagi yang bersangkutan. Harta yang diperoleh dengan jalan yang tidak syah penggunaannya pun cenderung untuk membiayai perbuatan-perbuatan yang tidak baik, yang justru akan membuat sengsara. Kesengsaraan yang didapat misalnya hati tidak tenang, merasa bersalah, perasaan takut diketahui orang lain dan sebaginya. Bila harta tersebut digunakan untuk membiayai perbuatan keji, misalnya berzina, dapat menyebabkan penyakit kelamin. Jika digunakan untuk mengkonsumsi narkoba, misalnya, badannya akan rusak dan jiwanya sakit.

Mencari harta dengan jalan yang syah, itulah yang sebaiknya dilakukan. Barangkali harta yang didapat tidak akan langsung sangat banyak, bahkan mungkin sangat sedikit, sehingga seolah-olah tidak dapat mencukupi kebutuhan hidup dirinya sendiri. Namun demikian cara inilah yang harus dilakukan, jika ingin hidupnya bahagia. Harta yang didapat dengan jalan yang syah, meskipun tampaknya sedikit, namun mengandung berkah di dalamnya, sehingga membuat hati tenteram.

Karena itu pilihlah jalan yang syah saat mencari harta. Dan jangan lupa, setelah harta didapat, manfaatkan untuk sesuatu yang bermanfaat. Sisakan sedikit harta yang didapat untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain.

Semoga bermanfaat.

Salam,
Sudarsono/Simbah
081514115168
www.facebook.com/darsonosimbah
www.twitter.com/Darsono_Simbah
http://cattattann.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...