Rabu, 20 April 2011

Mesin Pencari

Dalam dunia internet dikenal istilah Mesin Pencari atau Search Engine. Mesin Pencari berfungsi untuk melaksanakan pencarian terhadap informasi yang dibutuhkan oleh pengguna internet, berdasarkan kata kunci (keyword) yang ditulis oleh orang yang mencari informasi.

Mesin Pencari kemudian menampilkan hasil pencarian. Pengguna kemudian memilih situs mana yang menurutnya dapat memberikan informasi yang dibutuhkan.

Mesin Pencari bekerja berdasarkan algoritma matematika yang kompleks, dan menampilkan hasil pencarian dalam bentuk daftar urutan/ranking. Situs yang nilai algoritmanya paling tinggi ada pada urutan teratas, yang menurut teori akan memberikan informasi yang paling diharapkan.

Namun demikian, banyak faktor yang mempengaruhi hasil pencarian, karena ada nilai ekonomis dari ranking hasil pencarian. Nilai ekonomis tersebut terutama diharapkan oleh situd-situs yang bergerak dalam bidang bisnis on-line untuk mendapatkan peluang situsnya dikunjungi. Semakin banyak pengunjung, peluang mendapatkan pembeli semakin tinggi.

Karena itu pengelola situs, terutama yang bergerak dalam bidang bisnis on-line selalu berupaya agar situsnya tampil pada posisi teratas hasil pencarian, atau setidaknya pada halaman pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...