Sabtu, 23 April 2011

Jalan - Sebuah Pengantar

Jalan tidak menghasilkan sesuatu, namun tanpa jalan orang tidak akan mendapatkan sesuatu.

Secara fisik, jalan adalah baian dari bumi yang dapat dilalui oleh orang yang akan berpindah dari suatu tempat ke tempat lainnya. Ada jalan setapak, jalan kecil, jalan raya. Ada jalan datar, menurun, menanjak. Ada jalan lurus, berbelok-belok, berliku-liku. Ada pula jalan buntu. Ada persimpangan jalan, dimana pengguna jalan dapat memilih ke arah manakah yang akan dituju.

Secara non fisik, jalan adalah suatu cara, ilmu, metode, prosedur, langkah-langkah, kesempatan, peluang dan sebagainya. Ada yang sederhana, ada yang rumit, ada pula yang kompleks.

Jalan dalam kedua arti tersebut pada dasarnya tidak menghasilkan sesuatu apapun. Orang yang menggunakan jalan itu yang dapat menghasilkan atau memperoles sesuatu, mungkin berupa materi, mungkin non materi dan bisa juga mendapatkan kedua-duanya.

Karena itu, dianjurkan untuk tidak tinggal diam, namun untuk selalu bergerak, berbuat dan berusaha agar mendapat sesuatu yang bermanfaat dan mendapatkan jalan-jalan lain yang lebih baik.

Ada banyak jalan yang dapat dipilih dalam menempuh kehidupan. Dan jangan dikira bahwa semua jalan akan mengantarkan orang yang melewatinya akan sampai ke tujuan yang ingin dicapainya. Karena itu pilihlah jalan yang benar, tepat, aman, tidak macet, dan baik.

Salam,
Sudarsono/Simbah
081514115168
www.facebook.com/darsonosimbah
www.twitter.com/Darsono_Simbah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...