Kamis, 28 April 2011

KOMUNITAS vs MILIS

Komunitas vs Milis

KOMUNITAS

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan resiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa.

MILIS

Milis, bahasa Inggrisnya mailing list, yaitu grup diskusi di internet di mana setiap orang bisa berlangganan dan ikut serta di dalamnya. Anggota milis dapat membaca surat dari orang lain, dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, milis adalah sebuah daftar alamat surat elentronik yang memiliki kesukaan/ kepentingan yang sama.

Saat sesorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan kepada semua orang yang terdapat di dalam daftar, penerima pesan memiliki kebebasan untuk membalas atau tidak membalas topik diskusi tersebut.

Setiap kali ada orang membalas sebuah surat, surat balasan tersebut di masukkan ke dalan kotak surat masuk (Inbox) masing-masing orang yang terdapat di dalam daftar. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM's) atau Mail Servers.

KOMUNITAS VS MILIS

Berdasarkan pengertian di atas, Komunitas adalah pelakunya, sedangkan milis adalah alat atau sarana yang digunakan oleh anggota komunitas tersebut untuk berinterkasi.

Sebagai sarana berinteraksi, milis oleh anggotanya digunakan untuk menyampaikan topik baru berupa ide, gagasan, usul, saran dan lain-lain serta untuk menanggapi topik tersebut. Semakin banyak anggota komunitas tersebut, akan semakin banyak topik baru yang muncul, dan surat balasan atas suatu topik pun akan banyak. Karena itu kadang-kadang seseorang merasa terganggu dengan banyaknya jumlah surat elektronik yang masuk, lalu ia memutuskan untuk keluar.

Ada cara yang dapat dilakukan oleh anggota yang merasa terganggu dengan banyaknya surat yang masuk, agar surat biasa tidak masuk ke dalam kotak suratnya, yaitu dengan mengatur untuk tidak menerima surat kecuali surat pemberitahuan (Notification). Pengaturan ini dapat dilakukan dengan mengatur deliveri surat dengan cara memilih "No Mail", yang artinya "tanpa surat".

Karena itu adalah lebih bijaksana bila seorang anggota milis memilih pengaturan tersebut (No Mail) sebagai alternatif untuk menghindari banyaknya surat masuk. Jika memang sudah merasa yakin bahwa ia tidak mendapat manfaat apapun dari komunitas itu, bahkan merasa rugi, baru memutuskan keluar dari keanggotaan.

Salam,
Sudarsono/Simbah
081514115168
www.facebook.com/darsonosimbah
www.twitter.com/Darsono_Simbah
http://cattattann.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...