Jumat, 11 Februari 2011

PERINGATAN KECIL

Manusia mempunyai sifat lupa. Karena setiap saat itu perlu meninjau ulang apa yang sudah dilakukan dan apa yang belum dilakukan, dengan kata lain introspeksi, sebelum datangnya peringatan-peringatan kecil. Atau setidaknya senantiasa memperhatikan peringatan-peringatan kecil tersebut.

Banyak peringatan kecil yang kita terima, namun kadang kita tidak merasa bahwa itu merupakan suatu peringatan. Coba mari kita perhatikan hal-hal berikut :

1. Suatu ketika kita merasa silau pada keadaan cahaya biasa. Kemudian, saat membaca buku, tulisan pada buku itu kabur/tidak jelas. Ternyata untuk dapat membaca dengan jelas, perlu menggunakan kacamata dengan lensa plus. Kita baru sadar, bahwa nikmat mata telah diambil sebagian oleh Allah.

2. Pada saat bercermin, ternyata kita melihat sebagian rambut sudah berwarna putih. Ternyata sudah mulai muncul tanda-tanda usia mulai tua.

Dan sebagainya.

Itu semua merupakan peringatan, walaupun kecil. Lalu bagaimana sikap dan tindakan terhadap peringatan-peringatan tersebut?

Tentunya beermacam-macam.

Ada yang menganggap itu wajar, biasa-biasa saja. Namun tentunya tidak demikian seharusnya. Hendaknya peringatan-peringatan tersebut tetap diperhatikan untuk introspeksi diri guna perbaikan pada masa sekarang dan mendatang, agar lebih berhati-hati dalam berbuat agar kenikmatan hidup tidak hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...