Selasa, 08 Februari 2011

Menghargai Perbedaan

Perbedaan adalah fitrah manusia. Perbedaan membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Perbedaan itu meliputi banyak hal, antara lain perbedaan warna kulit, perbedaan bahasa, perbedaan adat-istiadat, perbedaan minat, perbedaan kemampuan, dan sebagainya.

Perbedaan adalah rahmat. Dengan adanya perbedaan, orang dapat saling mengenal dan saling memahami satu dengan lainnya, saling mengisi, saling membantu dan melengkapi.

Andaikan semua orang mempunyai minat yang sama, misalkan semua orang menjadi petani, maka siapakah yang akan menjahit pakaian? Siapa pula yang menjadi buruh pabrik sepeda? Siapa yang jadi pedagang? Dan seterusnya.

Karena itulah, mari kita hargai perbedaan perbedaan di anatara kita sebagai manusia. Kalau ada hal yang terasa tidak sesuai dengan hati atau pikiran kita, kita upayakan untuk mencari tahu dan berusaha memahami, atau memberi penjelasan-penjelasan yang perlu.

Diharapkan perbedaan jangan sampai menyebabkan saling menjauh, yang menyebabkan semakin tidak saling mengerti dan berujung pada rasa saling mencurigai satu dengan lainnya.

Marilah kita menghargai perbedaan untuk saling memberi manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...