Senin, 21 Februari 2011

KEDEPANKAN DISIPLIN, ETIKA DAN MORAL

Disiplin adalah kata kunci dalam pembinaan masyarakat, terutama generasi muda, lebih khusus lagi bagi para pelajar. Karena itu proses transformasi ilmu dan moral kepada generasi muda tidak dapat meninggalkan unsur disiplin.

Untuk dapat menjadi orang yang pandai, seorang pelajar harus disiplin. Disiplin hadir di sekolah, disiplin mengikuti kegiatan belajar mengajar dan disiplin dalam menbagi waktu. Ia harus mampu untuk menepati jadwal kegiatan yang ada, termasuk jadwal kegiatan mandiri yang tidak diatur sekolah, misalnya mengatur waktu di rumah.

Selain itu, hendaknya diberikan bimbingan berupa pengasuhan yang berkaitan dengan etika, atau sooan santun, yang menyangkut tatacara dalam bergaul dan berhubungan dengan orang lain, baik yang lebih tua, sesama maupun yang lebih muda.

Cara komunikasi dengan orang yang lebih tua, misalnya dengan orang tuanya, guru, pengasuh maupun orang lain yang lebih tua umurnya tentu berbeda dengan cara berubungan dengan orang yang seusia atau yang lebih muda. Namun semuanya harus diberikan pengertian agar mengetahui, dan dikendalikan dalam bentuk disiplin. Pemberian materi etika tentu dimulai dari hal yang kecil-kecil menyangkut hubungan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...