Minggu, 06 Februari 2011

KEMAMPUAN PELATIH

Seorang pelatih adalah Pemimpin pada klub yang dilatihnya. Karena itu ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pelatih. Dalam hal sepak bola, seorang pelatih sepak bola hendaknya memiliki kemampuan antara lain :

1. Kemampuan teknik. Pelatih harus memiliki kemampuan teknik individual. Karena itu seorang pelatih hendaknya adalah mantan pemain yang baik.

2. Kemampuan taktik. Seorang pelatih harus mampu menciptakan taktik permainan yang baik. Ia hendaknya memiliki banyak referensi pola-pola permainan, baik pola permainan menyerang maupun bertahan. Ia harus mampu mengendalikan permainan, diantaranya perubahan pola serangan, pola pertahanan, perubahan dari menyerang dan bertahan, dan sebagainya.

3. Disiplin yang tinggi. Apapun tanpa disiplin yang baik, tidak akan menghasilkan sesuatu yang diharapkan. Karena itu seorang pelatih harus memiliki disiplin yang tinggi, baik di lapangan, maupun di luar lapangan, sebab apa yang terjadi di luar lapangan akan berpengaruh terhadap keadaan saat di lapangan. Pelatih harus mampu mentransformasikan disiplin yang ia miliki kepada semua pemain yang diasuhnya.

4. Kemampuan komunikasi. Pelatih harus mampu melaksanakan komunikasi yang baik dengan semua pihak. Ia hendaknya dapat menjalin hubungan yang baik dengan pemain yang diasuh, dengan pimpinan klub, dengan pimpinan perkumpulan (PSSI), dengan pemerintah, dengan media dan dengan masyarakat pendukungnya.

1 komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...