Perhatikan kutipan berikut:
If you open this email it could change your life forever.
Would you beleive it?
Apa yang dibayangkan oleh pembaca judul email tersebut, tergantung
siapa yang menerima, dan suasana orang itu. Tanggapannya pasti
beragam. Ada yang skeptis, tapi ada juga yang sangat terpengaruh oleh
ungkapan tersebut.
Itulah bahasa promosi. Bahasa promosi sifatnya harus mengundang rasa
ingin tahu. Setelah muncul rasa ingin tahu, kemudian ingin tahu lebih
banyak tentang apa yang ditawarkan. Setelah tahu lebih banyak,
tanggapannya pun mungkin berubah menjadi positif atau negatif.
Bahasa promosi yang hebat, akan mengarahkan pembacanya menjadi lebih
tertarik, dan akhirnya terpola sesuai keinginan promotornya.
Bahasa promosi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa
promosi berada di sekitar garis batas antara baik dan buruk. Tidak
boleh jauh dari garis batas itu.
Seorang penjual, menggunakan bahasa promosi agar dagangannya laku.
Seorang pimpinan, menggunakan bahasa promosi agar yang dipimpinnya
melaksanakan perintahnya dengan baik. Seorang ustad, menggunakan
bahasa promosi, agar jamaahnya mendengar tausiahnya dengan senang. Dan
seterusnya.
Sebagai akhir dari tulisan ini, saya katakan bahwa:
"Semua orang bisa kaya, kecuali yang tidak mau."
Tidak ada komentar:
Posting Komentar