Selasa, 22 November 2011

Industri Kreatif - Kerajinan Knalpot

Knalpot merupakan komponen penting yang ada pada setiap kendaraan bermotor, baik itu mobil, sepeda motor, dan bahkan pada semua peralatan yang menggunakan motor bakar sembagai pembangkit daya. Tanpa knalpot, suara mesin kendaraan sangat keras, membuat bising.

Knalpot juga termasuk suku cadang yang mudah rusak, terutama keropos karena dimakan karat, meskipun jangka waktunya cukup lama, rata-rata lebih dari 2 tahun.



Kemaren, saya juga mengganti knalpot mobil saya di bengkel knalpot Fahmi, yang terletak di Jalan Raya Hankam, Bekasi. Knalpot saya diganti bagian mufflernya, karena keropos.



Pada saat proses penggantian muffler, saya sempat melihat pengerjaan pembuatan header, katanya header knalpot untuk mesin mobil Honda Jazz. Setelah diperbandingkan antara header asli dengan yang sedang dibuat, terdapat perbedaan, yaitu pada ukuran pipa.

Header knalpot yang sedang dibuat memiliki diameter pipa sedikit lebih besar. Ukuran lebih besar ini maksudnya agar pembuangan gas buang lebih lancar, cocok untuk knalpot racing. Dengan menggunakan knalpot racing, tarikan mobil terasa lebih ringan.


Pengelasan header ternyata menggunakan las listrik, bukan las karbit. Cahaya lasnya terang sekali. Asapnya juga banyak.


Pembuatan header knalpot.


Seorang tukang las sedang memasang muffler knalpot.

Pemilik dan semua tenaga kerja FAHMI KNALPOT adalah orang Purbalingga. Di Purbalingga, terdapat sentra kerjinan Knalpot yang produknya sudah tersebar ke penjuru dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...