Rabu, 29 Februari 2012

Apakah SCADA itu?

SCADA singkatan dari Supervisory Control and Data Acquisition. Secara umum SCADA mengacu kepada Industrial Control Systems (ICS) atau sistem pengendalian proses industri, meliputi sistem komputer yang memonitor dan mengontrol proses industri, infrastruktur, dan proses-proses berbasis failitas yang dapat dijelaskan sebagai berikut:
Proses Industri meliputi proses-proses manufaktur, produksi, sumber tenaga, fabrikasi dan refining, baik berupa proses kontinyu, batch, reptitif maupun diskrit.

Proses Infrastruktur bisa publik maupun privat. Bidang-bidang cakupannya meliputi tata kelola air (water threatment) dan distribusinya, pengelolaan air bekas pakai meliputi pengumpulan dan penanganannya, perpipaan gas dan minyak, transmisi dan distribusi tenaga listrik, Ladang Kincir Angin, sistem sirene untuk keperluan sipil, dan sistem komunikasi besar.

Proses Fasilitas bail pada fasilitas publik maupun privat, pada bangunan-bangunan, bandara, perkapalan, dan stasiun, untuk memonitor dan mengendalikan jaringan listrik tegangan tinggi, akses dan pemakaian energi.

Sumber: Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...