Sabtu, 13 Agustus 2011

Keyakinan yang Benar dan Kebahagiaan

Keyakinan ada di dalam hati, dan hanya diri sendiri dan Allah saja yang tahu isi keyakinan seseorang. Bahkan malaikat pun tidak tahu isi keyakinan seseorang. Namun keyakinan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap cara berfikir, berucap dan berbuat pada seseorang dalam meraih kebahagiaan hidup.


Karena itu keyakinan yang benar merupakan dasar yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang. Keyakinan yang benar yang dipegang kuat akan menyebabkan orang dapat menentukan hidupnya.


Bagi kita yang hidup sesudah kenabian Nabi Muhammad s.a.w, maka dasar keyakinan kita adalah keyakinan berupa pengakuan atau keesaksian bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah.


Keyakinan ini akan mendasari apapun yang kita fikirkan, ucapkan dan lakukan. Sebagai langkah kongkrit dalam mewujudkan keyakinan ini, kita diberi dua buah pedaoman dasar, yang jika kita berpedoman kepada keduanya dipastikan bahwa kita tidak akan terjerumus kepada perbuatan-perbuatan yang menyengsarakan. Kedua pedoman itu adalah Al-Qur'an dan Sunnah Rasul.


Seperti dikatakan Allah dalam Al-Qur'an, Al-Qur'an merupakan petunjuk dari Allah untuk ssemua manusia. Al-Qur'an juga berisi penjelasan-penjelasan tentang petunjuk-petunjuk itu dan merupakan pembeda, untuk membedakan yang benar (Al-Haq) dan yang salah (Al-Bathil).


Sedangkan Sunnah Rasul adalah apa-apa yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad, yang sering dilakukan oleh beliau dan dianjurkan oleh beliau.


Karena itu agar hidup kita bahagia dan selamat kita harus mulai dengan menata keyakinan kita, harus benar keyakinan kita berdasar kepada Al-Qur'an dan Sunnah Rasul.



Darsono/Simbah


+6283870712658


+6281514115168


f: darsonosimbah


t: Darsono_Simbah


bernilai.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...