1. Putaran mesin diteruskan ke Pulley Primer. Pada bagian ini terjadi reduksi putaran bersifat variabel, yang diatur oleh Sliding Sheave. 2. Putaran Pulley Primer diteruskan ke Pulley Seekunder dengan perantaraan V-Belt. 3. Kopling Sentrifugal akan memutar rumah kopling mulai putaran tertentu. 4. Putaran rumah kopling direduksi melalui roda gigi perantara (gearbox) selanjutnya memutar roda.
Minggu, 20 Januari 2013
CVT - Transmisi Otomatis Sepedamotor
Saat ini banyak sepedamotor yang menggunakan transmisi otomatis, misalnya Honda BeAT, Honda Vario, Honda Spacy, Yamaha Mio, dan sebagainya. Transmisi yang digunakan adalah jenis CVT - Continuously Variable Transmission, dimana perbandingan rasio putaran bagian penggerak dan yang digerakkan dapat berubah secara otomatis dan halus, sehingga pengendara tidak harus memindah gigi, dan tanpa menimbulkan efek kejut, sehingga lebih nyaman.
Cara kerjanya adalah:
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar