Senin, 25 November 2013

Cara Mengatasi Gangguan Mekanisme Turbo Mobil Honda Accord Maestro

Beberapa hari yang lalu, saya mengendarai mobil dari rumah menuju
kantor, melalui tol JORR. Setelah melewati Km 17, kendaraan saya pacu
dengan gas tinggi. Namun saat gas saya lepas, terjadi gangguan. Mobil
tetap melaju dengan gas tinggi. Saya berpikir bahwa pasti ada hal yang
tidak bekerja normal, yaitu pada bagian pengaturan putaran mesin. Ini
bagian utamanya adalah Carburettor.

Dugaan saya, pertama, tali gas nyangkut. Tetapi setelah diperiksa,
ternyata tali gas tidak nyangkut. Kemudian saya berpikir, apa lagi
kira-kira penyebabnya.

Dugaan selanjutnya adalah mekanisme turbo macet. Yang saya maksud
mekanisme turbo adalah throtle pembantu akselerasi pada saat gas
tinggi, bersifat otomatis. Mekanisme ini bekerja berdasarkan kevakuman
intake manifold.

Pada mekanisme turbo mobil Honda Accord Maestro, terdapat pegas
pengembali. Setelah saya periksa, ternyata pegas kotor, sehingga tidak
bekerjaa dengan baik. Pada saat mesin putaran tinggi, turbo bekerja,
dan setelah pedal gas di lepas, tidak keembali ke posisi awal,
sehingga gas tetap tinggi.

Setelah dilakukan pembersihan dengan cairan pembersih Carburettor,
kemudian mesin dihidupkan, dan pedal gas diinjak-dilepas berulang
ulang, tampak mekanisme turbo berjalan normal, tidak lagi terkunci
pada gas tinggi.

Ternyata solusinya sangat sederhana, dan tidak perlu biaya mahal,
yaitu hanya cairan pembersih Carburettor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...